23 Desember 2016

Review Film : I, Robot (2004)

I, ROBOT

Film tentang kota Chicago tahun 2035 yang sudah dihuni oleh Robot pintar. Robot tersebut bernama NS-5. Robot tersebut awalnya digunakan untuk membantu kegiatan manusia sebagai asisten dengan cara menerima perintah dari suara manusia. Robot tersebut diciptakan berlandaskan 3 hukum, yaitu :
  1. Sebuah robot tidak boleh menyakiti manusia atau tidak membiarkan manusia terluka.
  2. Robot harus mematuhi perintah dari manusia kecuali beberapa perintah yang akan melanggar hukum pertama.
  3. Robot harus melindungi pemiliknya selama perlindungan itu tidak bertentangan dengan hukum pertama & kedua.
Kecanggihan lain pada robot tersebut adalah mampu mendeteksi identitas Manusia dan menebak hal yang sedang terjadi dan yang akan terjadi pada Manusia. Namun ada robot yang melawan dari ketiga hukum tersebut, yang dimulai dari  terbunuhnya seorang Ilmuwan yang diduga bunuh diri padahal robot tersebut yang melakukan dan kericuhan – kericuhan kota Chicago tersebut. Yang dikarenakan ada suntikan VIKI yatu otak Tiruan agar bisa bekerja seperti manusia namun revolusi yang ditimbulkan menyebabkan robot – robot terlihat agresif.
Dr. Calvin dan Sonny

Karna hal tersebut, seorang Detektif bernama Spooner (Will Smith) dibantu dengan Dr. Calvin (psikolog robot) dan Sonny (robot yang diciptakan berbeda) mencoba menghancurkan VIKI tersebut dan mendapat penghalangan dari robot – robot yang terpengaruh oleh VIKI tersebut. Cairan kimia pada VIKI diambil oleh Sonny dan Detektif Spooner berhasil menghancurkan cairan VIKI tersebut pada sebuah sistem untuk robot. Robot – robot yang telah berevolusi karena VIKi dapat menjadi semula.

Tanggapan :
Setiap manusia harus bersiap melawan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Jangan sampai kecerdasan buatan semakin berkembang dengan beragam bentuk dan bisa menggantikan peran manusia.

Referensi
http://kikiseptyana.blogspot.co.id/2013/06/review-film-i-robot.html

0 komentar:

Posting Komentar