23 Januari 2018

Unit Analisis E-Government dan Kategorisasi

KESIMPULAN
Pada Unit Analisis Kategorisasi kami menganalisis tiga web E-Government, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Nias Barat dan  Kabupaten Samosir terdiri dari enam unit analisis. Pada unit pertama Informasi Menu Utama, web Provinsi Sumatera Utara unggul dengan nilai total 68 karena kategori Potensi Daerah dan Komoditas Utama memiliki nilai yang cukup tinggi. Kabupaten Nias Barat dan Kebupaten samosir memiliki nilai yang sama pada kategori Potensi daerah dengan nilai 70 sedangkan pada kategori kualitas SDM, Kabupaten Nisa barat mempunyai nilai tertinggi dengan nilai 55 dibandingkan dengan Provinsi Sumatera Utara, tetapi tetap web Provinsi Sumatera Utara lebih unggul.
Unit Analisis ke-dua yaitu Informasi Tambahan dalam Fasilitas Web, web Kabupaten Nias Barat lebih unggul dengan nilai 78,5. Walaupun pada kategorisasi tahap pertama I Provinsi Sumatera Utara dan web Kabupaten Samosir lebih unggul dibandingkan web Kabupaten Nias Barat memiliki nilai yang lebih unggul pada kategorisasi tahap kedua II dibandingkan web Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Samosir. Untuk tahap ketiga III web Nias Barat memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingakan web Provinsi Sumatera Utara dan Kabupatan Samosir.
Unit Analisis ke-tiga yaitu Penyediaan Hubungan, web Kabupaten Samosir lebih unggul dengan nilai 65. Web Kabupaten Samosir memiliki nilai tertinggi pada kategorisasi G2C dan web Nias Barat memiliki nilai terkecil pada kategorisasi tersebut. Web Kabupaten Nias Barat hanya unggul dalam kategorisasi G2G dengan nilai 80, web Provinsi Sumatera Utara dan web Kabupaten Samosir memiliki nilai yang sama sehingga tidak dapat dibandingkan. Pada kategori G2B nilai yang tertinggi dimiliki oleh web Kabupaten Samosir, dan web Kabupaten Nias Barat memiliki nilai terkecil.
Unit Analisis ke-4 yaitu Aksebilitas, website Nias Barat dan Samosir memiliki nilai yang sama dari waktu akses website <10 detik yaitu 100. Tetapi berbeda dengan website pemerintah Sumatera Utara yang hanya memiliki nilai 70 dari waktu akses website <10 detik. Tetapi aksesibilitas dapat berubah-ubah tergantung produk internet yang dipakai.
Lalu pada unit analisis ke 5 yaitu Design, website Nias Barat dengan nilai 83.5 lebih tinggi dari pada website Sumatera Utara dengan nilai 70 dan Samosir dengan nilai 61. Website Nias Barat memiliki nilai tinggi pada ketiga kategori tersebut. Pada grafis, website Samosir lebih baik daripada website Sumatera Utara. Tetapi kalah pada kategori animasi. Dan terakhir pada unit analisis ke 6, Website Samosir memiliki nilai yang lebih baik dari pada website Sumatera Utara dan Nias Barat pada unit analisis Jumlah tingkatan informasi. Meskipun pada 3 tingkat dan 4 tingkat, website Samosir memiliki nilai terendah.


0 komentar:

Posting Komentar